Kelompok feti saya yang menyenangkan

Semester lima akan segera berakhir. Dan saya harap nilai saya bagus.. ahaha
Well, dari semua tugas yang ada di semester ini ada dua tugas yang bikin saya benar-benar menikmatinya. Pertama, tugas menulis feature tokoh. Kedua, tugas feature televisi. Kenapa?

Well, tugas menulis feature tokoh bikin saya ketemu idola saya. Ya, saya wawancara idola saya untuk feature tokoh ini. Taufiq Ismail. Nama itu idola saya itu terlintas pertama kali saat pemberian tugas ini. Entah mengapa saya ingin mewawancarai. Saya tahu dia pasti sibuk, namun saya berkeras untuk mewawancarainya. Alhamdulillah, saya berhasil bertemu dengannya dan mewawancarainya.

Tugas paling seru adalah tugas feature televisi. Kenapa? Saya dan lima orang teman lain, ini tugas kelompok, mengerjakan bersama. Saya, ana, ike, eca, diana, jakah. Dan kami sangat kompak. Well, dari awal nenetuin tema sampe nyusun rundown, kami barengan gtu.. Malem2 kumpul di kosan anbel buat ngomongin ini.

Iuran pun kami lakuin buat ngejalanin tugas ini. Cari peralatan buat syuting, mule dari kamera MD, tripod, lighting, kita cari. Walopun akhirnya ga jadi sewa karna mahal banget. Cari narasumber dan sebagainya.

Tanggal 5 Desember 2009, kami mulai syuting pake mobil eca dengan peralatan yang Pertama adalah syuting narasumber di ciwidey. Berangkat jam 11 dan selese syuting di sana jam 4an. Lanjutlah kita ke Dago buat bikin janji sama narasumber lain. Wuiiiihhh itu mah dari ujung ke ujung Bandung diselingi makan malah di pinggir jalan di Dago. Seharian itu, kita selesai jam 9 malem.

Tanggal 6 Desember 2009, kita semua minus Ike, pergi ke parakan muncang buat ketemu narasumber yang bernama Abah Olot. Tapi, orangnya ga ada. Jadilah kita kebingungan dan akhirnya ketemu rein buat ngomongin konsep grafis dan ke komunitas asal sada untuk wawancara. Hari itu selesai malem juga.

Lanjut, kita syuting haru Rabu sore, 9 Desember 2009 di sekolah taman ilmu, minus Eca. Kita naik ojek sambil bawa2 handycam dua biji, tripod 2, kamera SLR, dan satu tas besar yang isinya lighting dan jajan. Pulangnya, kami kebingungan. Gak ada ojek dan letak sekolah itu lumayan jauh juga dari jalan raya. Untungnya ada mobil bak terbuka yang lewat. Jadilah kita berlima ikut nebeng mobil itu di baknya. Dan itu sangat seru dan menyenangkan.

Syuting ternyata ga beres juga hari itu, Kita lanjutin syuting esok harinya, tgl 10 Desember 2009. Kali ini hanya ada aku, ike, dan ana. Kami bertiga ketemu dimas yang juga lagi ada urusan di sekolah itu. Kami bertiga syuting sambil ngatur anak2 yang ampun dahh, pecicilan banget. Kemarin berlima aja kita kewalahan, apalagi ini cuma bertiga. Syuting bagian akhir sedikit bikin kita kesel. Salah satu talent dah hampir pundung mo pulang aja gara2 kelamaan. Tapi ana berhasil mencegah anak itu pulang. Jam 5 lebih syuting bener2 selese diakhiri bagi2 jajan. Yeeeaaaahhhh.....!!!

Hari sabtu,, kita rapat buat syuting presenter. Jam 8 malem ketika saya baru sampe kos, saya di sms untuk kumpul buat rapat. Tanpa pikir panjang, saya kemasi baju saya dan pergi rapat sekaligus nginep di tempat ana. Malem itu juga kita ketemu sama Citra, presenter acara feature kita.

Minggu, 13 Desember 2009, jam 9 pagi kita berangkat ke restauran de Tuik di bojongkoneng. Saya, eca, diana, ike, ana, jakah, dan citra. Kali ini pake mobil pinjaman dari Nung, karena mobil eca gak cukup buat kita bertujuh, hehhe... Ternyata de Tuik itu jauh juga... sebenernya deket caheum, tapi jalannya naik banget dan jauh..

Sampe de Tuik kita langsung syuting presenter karena beberapa hari sebelumnya diana ma eca dah minta ijin. Giliran makan siang, kita semua makan kecuali ana. Lanjut syuting lagi bagian komunitas galengan sama pembuatan karinding. Berhubung saya bendahara kelompok ini, maka sayalah yang disodori bon makan anak2. Dan harganya bikin uang kas terkuras. Haahahah,,Rp 238.750,00. awalnya saya sempet takut uangnya ga cukup, tapi ternyata cukup kok.. Malemnya di kosan ana, saya tagih uang makan mereka di de Tuik buat ganti uang kas dan bikin kita histeris. Ternyata per orangnya kalo diitung makannya di atas Rp 25.000,00 semua (kecuali ana yg cuma 10ribu). Dan itu bikin yang ngantuk kyk eca ma ike langsung bangun. Dan bikin ana ketawa puas banget. Sedangkan diana ngomel2. HAHAHAHAHHAHAHAHA......

Editing sendiri dimulai dari hari kamis. Sebenernya dari rabu sore, saya, eca, ma ana ke cileunyi buat nyari tempat transfer video. Tapi lagi ga bisa di sana. Rabu sore baru deh saya ma ana nemu tempat transfer setelah eca pulang. Ahahahahah..

Kamis malem, 17 Desember, di kosan ana, saya ma ana ambil hasil transferan video dan ternyata itu ga dipotong2. Malem itu, saya dan ana ditemani jakah motong2 video sambil nontonin apa aja yang dah kita syuting.

Jumat siang sampe malem, saya, ana, eca, jakah benar2 mule ngedit. Kami bagi2 buat ngedit. Vegas dan Premiere kami pilih buat ngedit. Cukup lucu juga dalam penentuan program ngedit ini. Saya dan ana bisa pake premiere sedangkan eca bisa pake vegas. Ana mule ngutik2 vegas buat ngedit, sedangkan saya ngedit langsung di premiere dan eca ngasih arahan ngedit ke saya. Masalah ngedit kami satu, rundown yang gak lengkap. Kami sedikit bingung buat bikin susunan acara saat ngedit ini, Eca sebagai produser sempet kesel dikit. Dan kami para editor memutuskan bikin sesuai rundown yang ada dengan sedikit perubahan yang kami sepakati. (sebenernya kami ini editor ato editor yang merangkap script writer sih? heheh).

Sorenya, jakah ma eca cabut ke bandung buat wawancara orang, karena dari hasil video yang saya edit, ada ketidakcocokan dengan fakta. Makanya mereka pergi untuk ngedapetin fakta itu, sedangkan ana pergi ke warnet buat nyari backsound acara ini, dan saya tetap diam di kosan ana buat ngedit video, namun akhirnya saya tidur juga dan baru bangun sesaat sebelum mereka pulang. Selesai ngedit malem itu jam 11 kurang, saya pulang pun nebeng si eca..

Sabtu, setelah saya wawancara dan nyebar angket, jam 8 malem, kami semua kumpul di kosan anbel. Kami berenam. Ya, kami mau ngedit. Saya, eca, dan ana menghadap monitor dan konsentrasi mengedit sampe akhirnya kami berenam bosan. Jam 10 malem kami memutuskan untuk pergi ke Jatos dan berkaraoke ria (boleh ditiru saat dikejar deadline dan stress). Sekitar jam 12 malem kami balik lagi ke kosan ana. Dan lanjut lagi ngeditnya. Jam 2 pagi yang bertahan melek hanya saya, ana, eca, dan jakah. Ngedit masih stabil. diselingi becandaan, diselingi nyanyi2 lagu anak2 waktu kita masih kecil.

Jam 3 pagi yang bertahan hanya para editor, saya, eca, ana. Suasana tenang. Masing2 konsen ke editing. Jam 4 pagi, kami masih menghadap monitor dan tekun mengedit. eca bolak balik ngarahin saya dan ana untuk kasih tau bagian mana aja yang diedit. Setengah 5 pagi, masih tenang, saya solat. Selesai solat, eca dah tidur. Tinggal saya dan ana. Dan keisengan saya muncul. Saya foto deh tuh 4 anak yang tidur berjejer kayak pepes, heheheh...
Ana : "La, lo berenti ngedit dulu aja. Sini nonton video korea"
Saya : "Nanggung na"

Jam 7 pagi, saya dan ana masih ngedit ketika anak2 baru bangun. Ike, diana, jakah memutuskan untuk pergi ke Pasar Unwim jam 8 kurang dan kita para editor nitip sarapan.
Eca :"La, lo ga nonton doraemon?"
Saya : "Oia, sekarang minggu ya" (pindah channel ke doraemon)
Sambil nonton doraemon, saya ngedit. Kali ini editing fokus ke laptop saya, semuanya dijadiin satu di laptop saya pake Premiere. Dan Premierenya not responding. Berhubung kita capek, jadilah kita tiduran ngadep tipi dengan posisi ana ada di kasur sedangkan saya dan eca kepalanya doang yang di kasur. Doraemon selese dan kita ketiduran.

Jam setengah 10 baru deh kita bangun gara ike, jakah, diana balik dari pasar dam berisik. Dan Premiere masih aja not responding. Jsdilah kita ulang editing yang not responding itu.

Editing kita lanjutin. Jam 2 siang saya pergi ke bandung karena ortu ma adek saya dateng. Balik lagi ke kosan ana jam 7 malem. Ternyata masih belum selesai editing sodara2. Ahahaha... jadi saya ngedit algi yang belum beres itu. Jam 10 baru deh semuanya beres, Tinggal rendering aja. sambil nunggu kita main truth or dare dan it was fun.....!!!!

Senin pagi, saat saya mengecek hasil rendering yang mpeg1, ternyata gambarnya pecah dan mpeg2 ga ada suara dan suara narator masih kalah sama suara backsound. Jadilah eca bilang kita harus ketemu di tempat ana. Jam 9 pagi saya masih ngedit dan ngerender bagian closing dan bagian narator itu. Karena bingung pake format apa, jadilah saya memutuskan untuk langsung dirender dari premiere ke DVD, dan ternyata bisa. hehehehe.... Tugas kami selamat dan tepat waktu..

Dan saya senang di tugas feti ini. Saya sekelompok dengan teman2 yang menyenangkan. Yang kompak dan selalu mau membantu yang lainnya. Ya, kita doyan banget becanda. Bahkan saat jalan liputan dan ngedit pun kita becanda mulu. Itu bagian untuk ngurangin stres, hehehe... Dan kita bakal satu kelompok lagi di jurnalisme televisi teman2.. Kita liputan dan ngedit bareng lagi yaaaa.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar