Dear Grandpa

Cilacap, 25 Desember 2011

Halo Mbah Kakung,
Ini Desember kelima tanpamu. Mbah, cerita aku menumpuk lima tahun ini tanpa pernah mbah ikutin lagi. Dan sekarang, Lala cerita semua untuk mbah.

Mbah, inget dengan buku RPUL yang Mbah kasih? Mbah kasih di teras rumah Mbah, sore hari dan aku masih duduk di kelas 3SD. Mbah bilang, aku perlu buku RPUL biar aku bisa makin ngerti dengan pelajaran IPS. Buku itu masih ada kok Mbah, cuma bukunya jadi kebelah dua, tapi tenang, udah Lala lakban biar jadi satu buku utuh lagi.

Mbah inget gak, waktu Mbah kasih RPUL itu, Mbah bilang kalau aku harus sekolah setinggi-tingginya dan jadi sarjana? Mbah, sekarang Lala udah sarjana. Do you proud of me? Sebenernya, Lala pengeeen banget Mbah masih ada dan bisa liat Lala berhasil sampai di sarjana. Tapi, Allah bilang lain ya Mbah.

Kamis 22 Desember kemarin, Lala sidang skripsi Mbah. Ah, seandainya Mbah datang ke sidang skripsi aku, mungkin Mbah bisa senyum ya. Mbah, Lala seneng banget waktu kemarin pengumumannya, Lala lulus dengan yudisium cumlaude. Mbah senang?

Lala masih inget kok setiap sore ke rumah Mbah untuk nganter koran, nonton berita di TV sama Mbah, dan dengerin Mbah ngomongin tentang berita yang lagi hot. Mbah tau, dari situ bikin Lala makin penasaran dengan dunia pemberitaan. Dan itulah salah satu alasan Lala masuk Jurnalistik Unpad setelah Mbah meninggal.

Mbah, Lala pengeeeen banget Mbah bisa baca tulisan berita yang Lala bikin pertama masuk koran beberapa bulan lalu. Tapi udah gak bisa ya Mbah. Ah, seandainya masih bisa, pasti Lala akan jauh lebih semangat untuk terus ada di dunia jurnalistik ini ya Mbah.

Mbah, 5 tahun berpisah itu lama ya ternyata. Lala kangen Mbah, kangen nge-teh dan makan kepok tiap pagi sama Mbah, kangen ngobrol di teras rumah Mbah sore hari, kangen jalan kaki ke pelabuhan pagi-pagi sama Mbah. Banyak banget Mbah. Tapi, Lala berusaha mewujudkan harapan-harapan Mbah ke Lala.

Lala udah jadi bagian dunia jurnalistik Mbah, yang produknya adalah favorit Mbah. Lala udah jadi sarjana, seperti yang Mbah inginkan. Lala udah bisa setir mobil sendiri sekarang, kayak yang Mbah bilang Lala harus mandiri biar ga dianter-anter terus. Tapi Lala masih belum jago main gitar Mbah.

Mbah, Lala kangen. Rasanya Lala pengen ketemu Mbah dan bilang "Mbah, Lala udah sarjana sekarang, persis yang Mbah ingin". Dan Lala pengen liat Mbah senyum bangga dengan ucapan Lala, sama seperti dulu aku bilang "Mbah aku naik kelas".

Ah, Mbah, ada beberapa hal yang berubah dari aku. Sekarang bahasa jawa kromo inggil aku udah lebih baik dari dulu. Kalau dulu aku harus tanya Mbah dulu untuk tau arti bahasa Jawa Kromo, sekarang aku udah bisa ngobrol pake bahasa Jawa Kromo Inggil.

Dan Mbah tau, Lala udah beberapa kali magang kerja di kota yang berbeda. Ini kesamaan kita ya Mbah. Pergi dari satu kota ke kota lain, hehe.. Ah, seandainya masih ada Mbah, pasti kita bisa jalan-jalan bareng lagi ya Mbah di Mangga Dua.

Mbah, Lala masih suka nyesel ketika hari-hari terakhir Mbah, Lala gak ada di samping Mbah. Padahal waktu malem-malem Lala jenguk Mbah di rumah sakit, semua orang yang ada Mbah panggil dengan "Lala". Dan waktu kumpul keluarga di rumah Mbah, Mbah panggil semua anak Mbah dan cucu-cucu Mbah dengan "Lala".

Mbah tau, itu bikin Lala sedih sekaligus seneng. Lala sedih karena ingatan Mbah menurun drastis, tapi Lala seneng, karena cuma Lala yang Mbah inget. Tapi itu yang bikin Lala sedih Mbah, ketika Mbah panggil semua Lala dan Mbah mau ada Lala, justru Lala gak bisa ada di samping Mbah buat nemenin Mbah.

Dan ketika Lala mau ke rumah Mbah, Mbah udah pergi duluan ke Allah. Lala cuma bisa liat Mbah diam di kasur dan gak pernah panggil Lala lagi. Ah Mbah, Lala ngerasa salah banget, maafin Lala ya. Karena itu, setelah Mbah pergi, Lala berusaha bikin harapan Mbah ke Lala terwujud semua.

Mbah, semoga cerita aku bisa bikin Mbah tersenyum ya di sana. Terima kasih untuk segala motivasi, dukungan, dan segala hal yang Mbah kasih ke aku untuk bikin aku jadi seorang yang mandiri. I love you, Mbah Kakung, I do.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar